10 Tips Desain Website Paling Efektif #Research

10 Tips Desain Website Paling Efektif #Research

Di Internet, tips desain website jumlahnya cukup banyak. Orang-orang, memiliki pendapat dan kriteria masing-masing, jika sudah berbicara tentang desain web  yang sempurna.

Itu karena, sampai batas tertentu, desain bersifat subyektif. Apa yang disukai seseorang, orang lain mungkin menganggapnya mengerikan.

Pada saat yang sama, desain website adalah salah satu faktor terpenting, untuk kesuksesan sebuah website. Faktanya, hampir sebagian besar orang mengatakan, bahwa; desain web adalah faktor utama mereka, dalam menilai kredibilitas perusahaan. Akibatnya, ini juga memengaruhi konversi, rasio pentalan, dan lainnya.

Huh, kalau saja ada cara untuk menemukan beberapa data objektif, tentang cara membuat desain web yang sukses. Tunggu, ini dia! Dan banyak dari itu telah dikompilasi dalam artikel ini. Tetap di halaman, untuk beberapa tips desain web yang didukung oleh sains. Berhentilah mengandalkan perasaan Anda! Mulailah melakukan hal-hal yang terbukti berhasil.

Tips Desain Website Berbasis Sains untuk Proyek website Anda.

Berikut ini, Anda akan menemukan beberapa tips dan trik berbasis penelitian tentang cara meningkatkan desain web Anda.

1. Jadikan Kecepatan Situs sebagai Prioritas Mutlak

Mungkin salah satu fakta yang paling tidak diperdebatkan dalam bidang desain web bahwa kecepatan itu penting. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu memengaruhi segalanya mulai dari rasio pentalan terhadap kepuasan pengguna hingga konversi dan pendapatan.

Jika situs Anda lambat, pengunjung tidak akan tinggal diam. Titik. Plus, karena pengguna peduli, mesin pencari juga melakukan dan faktor kecepatan pemuatan halaman Anda ke dalam peringkat mereka. Karena alasan itu, sangat penting bagi Anda untuk berinvestasi dalam membuat situs Anda secepat mungkin.

2. Leverage flip

Apakah masih ada yang namanya lipatan adalah bagian dari perdebatan sengit. Beberapa orang mengatakan bahwa karena banyaknya ukuran layar saat ini, lipatan tidak lagi menjadi masalah. Yang lain memiliki pendapat yang berbeda.

Namun, faktanya adalah bahwa bahkan pada 2018, orang menghabiskan 57 persen waktu mereka di atas flip dengan penurunan tajam setelahnya. 74 persen dari waktu mereka didedikasikan untuk dua layar penuh pertama.

Jadi, sepertinya lipatan masih penting. Untuk situs web Anda, itu artinya Anda perlu memprioritaskan konten Anda dan menggunakan ruang yang tersedia untuk menghubungkan pengguna sehingga mereka melanjutkan. Berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukannya:

  • Gunakan judul yang jelas dan deskriptif – Jelaskan apa yang dapat dilakukan situs Anda untuk pengunjung, sorot manfaatnya. Singkat dan gunakan kata-kata yang kuat. Untuk saran lebih lanjut, lihat tips copywriting kami.
  • Sertakan ajakan utama Anda untuk bertindak – Untuk meningkatkan peluang Anda untuk mengonversi, flip adalah waktu untuk memulai perjalanan pengguna. Pastikan CTA Anda jelas dan terlihat.
  • Sertakan media – Gambar, video, atau bantuan audio menekankan poin Anda. Kami akan berbicara lebih banyak tentang konten visual lebih lanjut di bawah ini.

3. Manfaatkan Hukum Hick

Hukum Hick menyatakan bahwa semakin banyak pilihan yang dimiliki seseorang, semakin lama mereka akan mengambil keputusan.

Sebenarnya, ada penelitian yang menarik tentang fenomena ini. Di mana orang-orang di supermarket diberi kurang lebih jenis selai untuk dicoba. Pada akhirnya, mereka yang memiliki lebih banyak pilihan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk membeli selai, daripada yang memiliki lebih sedikit variasi untuk dipilih.

Seberapa penting untuk situs web Anda? Karena Anda mungkin dapat meningkatkan konversi Anda hanya dengan membatasi pilihan yang Anda berikan kepada pengguna. Berikut ini beberapa contoh tampilannya:

  • Kurangi jumlah item menu
  • Batasi bidang formulir
  • Fokus pada satu ajakan untuk bertindak
  • Hanya tampilkan tombol sosial untuk jaringan tempat Anda aktif
  • Tetap pada satu tujuan per halaman

Ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kewalahan di situs Anda dan memindahkan pengguna ke pilihan yang benar-benar Anda inginkan.

4. Tetap Sederhana

Melanjutkan dengan tema kurang, ini juga berlaku untuk desain Anda secara umum. Sebuah penelitian besar oleh Google telah menunjukkan bahwa pengunjung tidak menyukai kompleksitas visual. Intinya: semakin rumit desain Anda, semakin sedikit yang dianggap oleh pengunjung sebagai indah.

Apa artinya itu untuk situs Anda? Selain poin di atas, berikut adalah beberapa ide:

  • Pikirkan kembali bilah samping – Semakin banyak situs web yang mengabaikan bilah sisi yang mendukung desain satu kolom (misalnya, yang sedang Anda gunakan saat ini). Ini berarti lebih sedikit gangguan dan menempatkan fokus dengan jelas pada konten.
  • Tetap berpegang pada tata letak standar – Orang-orang menyukai keakraban dan dapat merasa aneh oleh desain situs yang tidak standar. Oleh karena itu, bisa menjadi ide yang bagus untuk tetap menggunakan desain dan tata letak yang akrab. Anda masih dapat menemukan cara untuk menonjol dengan cara lain.

5. Hindari Korsel, Penggeser, Tab, dan Akordeon

Pemilik website suka komidi putar. Mungkin salah satu fitur yang paling banyak diminta klien. Sayangnya, penelitian mengatakan bahwa mereka sangat tidak berguna.

Salah satu data yang paling mengejutkan berasal dari Universitas Notre Dame. Webmaster di sana memperhatikan bahwa slide pertama pada carousel menerima hampir 90 persen dari klik sementara sisanya diabaikan.

Sembilan puluh persen! Tidakkah terdengar seperti slide lain yang bahkan layak berada di sana, bukan? Sepertinya desainer web yang berbicara kepada klien mereka menggunakan slider sudah benar untuk memulai.

Tab dan akordion memiliki masalah yang sama dengan slider dan komidi putar – mereka sering diabaikan. Ini diperparah oleh kenyataan bahwa beberapa pengunjung benar-benar membaca seluruh halaman. Kebanyakan orang hanya memindai dan karena itu sangat tidak mungkin untuk membuat klik tambahan untuk melihat konten Anda.

Baca Juga:  Sunyi Gua Kecil di Coban Siuk

Namun, bagaimana jika Anda perlu memasukkan informasi yang ditempatkan di area tersebut? Kita harus melakukan itu sekarang.

6. Prioritaskan Scrolling Over Mengklik

Jadi, jika Anda tidak memampatkan informasi menjadi bilah geser dan / atau akordeon, bagaimana Anda menyajikannya? Jawabannya: letakkan semuanya dalam satu halaman yang panjang, termasuk barang-barang yang biasanya tersimpan. Serius, ini berhasil.

Ada studi kasus yang menarik oleh Crazy Egg untuk membuktikan hal ini. Mereka beralih dari memiliki halaman penjualan pendek yang sederhana menjadi halaman yang 20 kali lebih lama dari aslinya.

Hasilnya: konversi naik 30 persen! Tentu saja tidak ada yang bisa diejek.

Sepertinya pengguna lebih suka menggulir daripada mengklik. Karena itu, jika Anda saat ini menyebarkan informasi tentang produk Anda di banyak halaman berbeda, saatnya untuk mempertimbangkan kembali.

7. Perhatian Langsung dengan Isyarat Visual

Salah satu fungsi utama desain web adalah untuk memandu pengguna. Anda dapat melakukannya dengan memberikan bobot yang berbeda untuk elemen yang berbeda, sehingga mengarahkan fokus ke mana Anda ingin pergi.

Namun, Anda juga dapat menggunakan isyarat visual yang lebih langsung untuk mencapai ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fakta bahwa manusia cenderung melihat ke arah yang sama dengan orang yang mereka lihat di iklan.

Perhatikan bagaimana dalam gambar di atas, lebih banyak orang membaca teks yang sedang ditatap bayi ketika bayi itu melihat kamera? Ini adalah hal yang nyata dan Anda dapat menggunakan ini untuk mengarahkan perhatian pada situs Anda di tempat yang paling Anda inginkan.

Namun, Anda tidak harus terlalu halus dalam mengarahkan perhatian pengunjung. Terkadang membantu untuk terus terang tentang hal itu. Misalnya, dalam satu studi, para peneliti menguji efek yang disebutkan di atas terhadap panah sederhana yang menunjuk pada barang.

Cukup lucu, metode yang lebih langsung mengungguli isyarat halus.

Biarkan hal tersebut menjadi pelajaran untukmu.

8. Gunakan Orang dalam Gambar (Tapi Hindari Stok Foto)

Selain menggunakannya untuk mengarahkan perhatian, termasuk orang lain dalam gambar di situs Anda umumnya adalah ide bagus. Manusia suka terhubung dengan orang lain, dalam kehidupan nyata maupun di web. Itulah sebabnya, misalnya, kami memiliki tentang laman di blog.

Anda dapat melihat ini bekerja dalam satu studi kasus oleh Basecamp. Mereka berhasil meningkatkan konversi sebesar 102,5 persen dengan mengubah dari halaman arahan berbasis teks ke halaman dengan foto besar seseorang di latar belakang.

Sederhana tetapi efektif. Namun, satu peringatan: efek keseluruhan mudah dinegasi oleh stok foto. Penelitian Nielsen Norman Group menemukan bahwa kami sangat mahir mengenali gambar-gambar umum ini dan mengabaikannya.

For that reason, if you are going to use images of people on your site, make sure they are genuine and real. Include your staff or customers. Just say no to stock.

9. Gunakan Urutan Daftar yang Benar

Menggunakan daftar, baik yang dipesan maupun tidak, adalah cara yang bagus untuk membuat informasi lebih mudah diakses. Namun, ternyata di sini juga, perhatian manusia berubah-ubah.

Ini karena apa yang disebut efek posisi-serial. Pada dasarnya dikatakan bahwa dalam daftar, Anda kemungkinan besar akan mengingat kedua item di awal dan di akhir. Bagian tengah, di sisi lain, sebagian besar dilupakan.

Pelajaran di sini: Saat mendaftar atribut produk atau layanan Anda, pastikan untuk menempatkan yang paling penting di mana mereka cenderung berdampak.

10. Leverage Bukti Sosial

Yang terakhir dari tips desain web kami adalah tentang apa yang disebut bias kesesuaian. Ini adalah kecenderungan orang untuk melakukan apa yang dilakukan orang lain. Itu berarti, jika sekelompok orang menyetujui sesuatu, orang lain lebih mungkin melakukan hal yang sama.

Salah satu cara memanfaatkan ini di website Anda adalah dengan menunjukkan bukti sosial. Jika Anda dapat menunjukkan bahwa orang lain memiliki pendapat positif tentang situs Anda, konten, produk atau layanan, pengunjung baru lebih mungkin melakukan hal yang sama.

Anda dapat dengan mudah menunjukkan ini dengan jumlah share sosial, media menyebutkan dan / atau testimonial. Jika Anda ingin menyelami topik ini lebih dalam, kami memiliki seluruh artikel untuk Anda.

Apa Tips Desain Website Favorit Anda?

Desain web adalah topik yang kompleks dan merupakan faktor dengan banyak pengaruh pada keberhasilan situs web Anda. Untuk alasan itu, yang terbaik adalah mengetahui apa yang Anda lakukan. Mengandalkan penelitian untuk mendapatkan nasihat adalah cara yang baik untuk memastikan hal itu.

Teknik-teknik di atas dapat digunakan untuk membuat situs Anda lebih efektif, melayani pengunjung Anda dengan lebih baik, serta meningkatkan konversi dan penanda keberhasilan lainnya dari situs Anda. Mari kita simpulkan sekali lagi:

  • Investasikan dalam kecepatan pemuatan halaman yang cepat
  • Gunakan flip untuk menghubungkan pengunjung
  • Kurangi pilihan untuk meningkatkan konversi
  • Sederhanakan di mana Anda bisa
  • Hindari menggunakan komidi putar, slider, tab, dan akordeon
  • Prioritaskan menggulirkan klik
  • Perhatian langsung melalui isyarat visual
  • Gunakan gambar orang (tetapi tidak dari stok)
  • Prioritaskan urutan item daftar
  • Gunakan bukti sosial untuk membuat situs Anda lebih menarik

Semoga tips desain website di atas membantu Anda, dalam membuat website profesional.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *