Mengenal Alat Kejut Jantung Dan Peran Pentingnya Dalam Usaha Penyelamatan Jiwa

Mengenal Alat Kejut Jantung Dan Peran Pentingnya Dalam Usaha Penyelamatan Jiwa

Serangan jantung merupakan penyakit yang cukup berbahaya, pasalnya seringkali terjadi secara tiba – tiba tanpa disadari terlebih dulu oleh penderita. Pertolongan yang cepat dan sigap adalah kunci keberhasilan dalam penanganan kondisi ini. Salah satunya adalah dengan tersedianya alat kejut jantung atau yang disebut Defibrillator.

Apa Itu Defibrillator ?

Orang awam seperti kita tentu tidak begitu mengenal istilah tersebut. Ya, defibrillator adalah istilah asing dan dikenal hanya di kalangan medis. Kalau kita definisikan, defibrillator adalah alat medis yang berfungsi untuk menghasilkan kejutan listrik tegangan tinggi dengan modul dan pengaturan tertentu.

Apa Fungsi Defibrillator ?

Kalau defibrillator adalah alat yang dapat mengeluarkan atau menghasilkan kejutan listrik tegangan tinggi. Lalu, apa fuangsi alat ini dan apa hubunganya dengan serangan jantung. Pertanyaan yang bagus sekali. Ketika jantung mengalami heart attack, biasanya pada saat ini jantung mengalami fibrilasi atau bergerak acak dan tidak mampu memompa darah.

Defibrillator dalam hal ini berfungsi untuk memberikan listrik kejutan dalam jumlah tertentu pada jantung untuk mengembalikan irama jantung menjadi normal. Bagaimana bisa ? Ya, kita tidak perlu berfikiran apakah hal itu bisa terjadi ? Karena hal ini sudah ditemukan jauh sebelum anda terlahir. Dan penemuan ini bukan tanpa bukti. Oleh sebab itu, defibrillator sekarang ini menjadi alat keselamatan yang disediakan di berbagai tempat – tempat umum.

Jenis Defibrillator

Defibrillator secara umum terdiri dari dua macam yaitu Manual dan Otomatis, yakni didasarkan pada cara kerjanya. Berdasarkan letak penggunaanya, defibrillator terdiri dari External dan Internal. Apa berbedaan defibrillato manual dan otomatis ?

Defibrillator manual digunakan untuk para tenaga medis yang sudah berpengalaman di rumah sakit ataupun klinik dan juga ditempat lainnya. Sedangkan defibrillator Otomatis atau disebut juga dengan AED digunakan untuk tindakan darurat di tempat – tempat umum yang banyak dikunjungi manusia.

Baca Juga:  Jual Kangen Water Murah Bali Denpasar

Harga Defibrillator

Defibrillator merupakan produk medis yang memiliki harga cukup mahal. Memang alat ini sengaja dibuat bukan untuk kebutuhan pribadi atau untuk pemakaian pribadi, melainkan untuk keperluan Instansi seperti rumah sakit, klinik, dan lain sebagainya. Untuk anda yang membutuhkan informasi harga defibrillator anda bisa kunjungi website distributor defibrillator di Indonesia yang Resmi dan Berkualitas di www.jualdefibrillator.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *