Bagian-Bagian Gambar Teknik

Bagian-Bagian Gambar Teknik

Bagian – Bagian Gambar Teknik adalah gambar yag terdiri dari simbol garis dan tulisan tegak yang bersifat tegas. Ganbar teknik untuk memberikan penjelasan lengkap tentang konstruksi bangunan. Yang sudah di tentukan dan standart teknik yang sudah disepakati oleh nasional maupun internasional.

Di dalam pembuatan gambar teknik dibuat manual ataupun menggunakan aplikasi, gambar denah manual dibuat dengan tangan dan tanpa bantuan alat gambar hanya memakai meja gambar jika menggunakan aplikasi AutoCAD. Bagian-Bagian Gambar Teknik bangunan menurut sinan-arsitek.com :

Daftar isi :
Block Plan
Site Plan
Denah
Potongan/Section
Gambar Denah Potongan Struktural
Gambar Denah Tampak Fisik
Gambar Detail
Gambar Kerja Perspektif

Block Plan

Dalam gambar denah mempunyai tampilan dua dimensi yang terlihat detail yang memiliki terletak di kavling, denah ini termasuk penempatan jalan, jalur kabel, jalur pipa kotor, tata letak kotor fasilitas umum dan privat. Dan di bagian block plan mempunyai kelengkapan keterangan skala dari keteranagan gambar seperti nama jalan, arah jalur lalu lintas, arah mata angin, tata letak pintu dan ventilasi, dan letak bangunan.

Site Plan

Site plan di desain gambar teknik ini terletak di lement desain yang ditempatkan dalam sebuah kertas atau file yang sudah direncanakan pertama kali. Dibagian site plan, dapat memberikan akses ruang dari denah. Peletakan euangan yang menyambng dengan ruangan denah terlihat di bagian desain interior ruangan.

Denah

Dalam denah adalah bagian yang memperlihatkan selruh tata letak ruangan dari bagian atas bangunan yang dipotong sama untuk memperlihatkan letak ruangan. Fungsi dari denah adalah menjelaskan secara detail ruangan, ketinggian ruangan denah pintu dan jendela. Kemudian, peletakkan furnitur di dalam ruangan dan arah mata angin sebagai tumpuan peletakan ruangan di dalam terlihat garis potongan arah pandangannya.

Baca Juga:  Tas Seminar Bali? Disini Pesanannya

Potongan/Section

Potongan ini menjelaskan suatu desain bangunan yang di potong vertikal untuk mempertunjukkan bagian desain rumah, bagian bangunan yang dipotong agar terlihat arah pandangannya disertakan di denah agar secara keseluruhan dapat dilihat secara inklusif. Di gambar potongan memperlihatkan struktur bangunan dan dimensi ketinggian ruang skala dan material bangunan.

Gambar Denah Potongan Struktural

Dibagian struktural yang digunakan termasuk dimensi jarak peletakannya dan material yang digunakan yang mungkin bisa berupa tiga Dimensi.

Gambar Denah Tampak Fisik

Gambar ini menampilkan wujud eksterior atau fasad rumah secara dua dimensi, desain yang terlihat dapat digambar dengan cara di rencanakan atau ditambahkan dengan efek bayangan yang mempertegas dimensi atau maju mundunya bagian desain bangunannya. Didesain gambar memperlihatkan dimensi bangunan proporsi, desain gaya arsitektur warna dan material bangunan.

Gambar Detail

Dalam bagian gambar detail ini memperlihatkan denah secara detail dan mungkin kalian bisa meminta bantuan jasa desain rumah untuk membuat gambar detail.

Gambar Kerja Perspektif

Fungsi gambar denah prespektif ini sangat besar bagi seorang arsitek karena memberikan contoh desain dalam perencangan, prespektif proyeksi suatu bangunan dengan garis konvergen menuju ke titik pengamatan yang hasilnya hampir sama dengan pandangan eksterior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *