Beberapa Varian Pemanas Air sesuai dengan kebutuhan

Water Heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang memanfaatkan energi sebagai sumber pemanas. terhadap awalannya untuk meraih air panas umumnya kami memasak air atau memanfaatkan air panas segera berasal dari alam.Pada tahun 1868 seorang pelukis asal London, Inggris, Benjamin Waddy Maughan mendapatkan water heater domestik instan pertama.

Cara kerja alat ini simple air dingin ditaruh di anggota atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas, dimana anggota bawahnya ditaruh sebuah alat pemanas berbahan bakar gas. Lalu air panas mengalir ke bak mandi tanpa ada perantara. Maughan menamai penemuannya ini “Geyser”, bahkan hingga kini di Inggris water heater masih kerap disebut geyser.

Suatu saat seorang pakar tekhnik asal norwegia, Edwin Rudd menentukan untuk berimigrasi ke Amerika, tepatnya ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu ia mendapatkan blue print atau cetak biru water heater instan pertama buatan Maughan.

 

Penemuan ini menjadi inspirasi, selanjutnya Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya ia berhasil membawa dampak water heater otomotis pertama di sekitar tahun 1889, Mesin ini berupa wadah berupa tangki penyimpanan air yang suhu airnya sanggup di atur secara mekanis dan didistribusikan lewat pipa penyaluran air.

Dewasa ini water heater sudah makin lama berkembang, dan sudah banyak sekali proses yang dipakai dan bahan baku yang makin lama baik berasal dari ke hari. Hal ini demi kepuasan kastemer yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka. Di bawah ini aku akan membahas sedikit type – type water heater yang beredar dimasyarakat saat ini.

1. Water Heater Listrik (electric water heater)

Seperti namanya water heater ini memanfaatkan listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air. Electric Water Heater terdiri berasal dari 2 (dua) type yaitu:

a. Instan Electrik Water Heater
b. Water Heater Listrik dengan Penampungan.

2. Solar Water Heater (SWH)

Solahart Water Heater adalah pemanas air yang memanfaatkan energi matahari yang gratis. Sering timbul salah pengertian dengan Pemanas air type ini. Banyak yang berasumsi energi panas matahari di tangkap selanjutnya di simpan di batere yang akan di memanfaatkan untuk memanaskan air di didalam tangki. Padahal berasal dari seluruh water heater yang beredar menurut aku justru type ini yang paling simple langkah kerjanya. Air dingin yang mengalir justru segera di panaskan matahari di kolektor selanjutnya di simpan di tangki hingga pada akhirnya dipergunakan.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Nomor Indosat Oredoo yang Hangus

Solar Water Heater terbagi 2 yakni proses pasif dan aktif. proses pasif condong untuk kapasitas kecil buat rumah tangga sedangkan yang aktif umumnya untuk kapasitas besar seperti hotel, rumah sakit dll.

3. Air Conditioning Water Heater (ACWH)

Pemanas air type ini adalah dengan memanfaatkan panas freon berasal dari AC yang umumnya di buang. Freon yang panas dialirkan ke Heat Exchanger yang akan memanaskan air di tangki penampungan.

4. Heat Pump Water Heater

Heat Pump Water Heater langkah kerjanya tidak berbeda dengan ACWH, hanya saja di Heat Pump seluruh sudah menjadi satu kesatuan yang didesain untuk air panas, sedangkan ACWH memanfaatkan AC yang sudah ada, agar wajib kami modifikasi untuk sanggup di salurkan ke tangki penampungan.

5. Gas Water Heater

pemanas air ini memanfaatkan gas ( baik gas elpiji ataupun gas alam ) sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Caranya dengan pembakaran seperti kompor gas. Pipa yang dalamnya mengalir air dingin segera di panasi, agar air yang terlihat segera panas tanpa wajib di tampung terutama dahulu.

6. Solar Rubber Pool Heating

Pemanas air ini di desain untuk kolam renang dengan memanfaatkan panas matahari. langkah kerjanya nyaris sama dengan solar water heater, hanya untuk kolektor atau penangkap panas memanfaatkan panel karet (polymer) yang tahan terhadap chlor atau zat kimia kolam renang. proses pemanasan ini tidak memanfaatkan tangki penampungan, justru kolam renang itu sendirilah sebagai tangki penampungan dan disirkulasi langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *