Berbagai kerusakan jalan dan sebabnya

Berbagai kerusakan jalan dan sebabnya

Saat ini sedang banyak sekali perbaikan atau pembangun jalan yang dilakukan oleh berbagai jasa pengaspalan di berbagai wilayah Indonesia. Pengerjaan biasanya dilakukan oleh swasta dengan melakukan tender untuk mendapatkan proyek. Sering terjadinya kerusakan pada jalan raya ada beberapa alasan yang menyebabkannya/ Tergantung dari jenis kerusakannya. Penyebab kerusakan aspal pada jalan ada beberapa penyebabnya. Untuk itu perlu diperhatikan dalam melakukan pengaspalan jalan. Apa saja kerusakan dan penyebab aspal menjadi rusak. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Aspal mempunyai retakan yang banyak

Aspal  yang retak ini memiliki retakan yang cukup lebar. Ada beberapa alasan yang menyebabkan retakan terjadi. Salah satunya adalah bahan perkerasan jalan yang tidak baik. Atau bias juga karena tanah dibawahnya tidak stabil. Kemungkinan ini terjadi karena tidak dilakukan survey terlebih dahulu pada saat akan dilakukan pengerasan atau pengaspalan. Efek yang ditimbulkan akibat retakan ini adalah jalan menjadi miring atau amblas karena keadaan tanah yang tidak stabil. Jika ini dibiarkan akibatnya akan menjadi kerusakan secara menyeluruh terhadap jalan. Apalagi jika retakan ini terjadi di musim penghujan yang menyebabkan jalan tergenang. Dan apabila di biarkan air akan semakin menyerap ke dalam tanah dari retakan aspal tersebut yang menyebabkan jalan menjadi semakin amblas.

  1. Retak pinggir

Retakan ini biasanya terjadi pada bagian pinggir badan jalan. Retakan ini termasuk dalam retakan halus pada jalan. Mengapa disebut retakan halus? Retakan pinggir ini termasuk dalam retakan halus karena lebar celah yang sempit/ tidak besar.Penyebab dari retakan pinggir ini adalah kualitas material/ pengerasan yang kurang baik. Selain itu juga disebabkan oleh pelapukan permukaan dan adanya air pada bagian perkerasan bagian aspal. Adapun factor lanjutan yang menjadi penyebab utama adalah karena factor hujan. Air hujan yang jatuh dan masuk kecelah akan sampai pada perkerasan jalan sehingga lama kelamaan akan menyebabkan pelapukan ada perkerasan jalan. Sehingga nantinya akan menyebabkan kerusakan yang lebih besar lagi.

  1. Berlubang

Jalan berlubang ini banyak kita temui diberbagai jalan yang ada di Indonesia. Khususnya jalan jalan dengan kapasitas tonase yang besar. Sehingga banyak sekali terjadi kerusakan jalan berlubang ini. Apa sebenarnya penyebab jalan menjadi berlubang? Penyebabnya adalah material yang tidak baik atau kurangnya pengerasan yang dilaukan. Selain itu penambahan air hujan dari atas juga menjadi penyebab tambahan untuk membuat jalan beraspal menjadi berlubang. Dengan begitu pengerasan material sangat diperlukan untuk hasil yang amat baik .

Baca Juga:  Manfaat AC Juga Untuk Meningkatkan Keproduktifan Kerja, Benarkah?

Itu adalah beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada aspal jalan. Pastikan semua komponen pada aspal menjadi komponen yang sangat penting. Dengan berbagai jenis kerusakan maka anda bias tahu penyebab kerusakan yang terjadi pada jalan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *