Cara Budidaya Hortensia, Bunga dengan Banyak Warna

Cara Budidaya Hortensia, Bunga dengan Banyak Warna

Hortensia diketahui untuk tanaman hias dari toko bunga tangerang dengan bunga yang beragam warna. Tidak bermain-main, satu pohon bisa membuahkan warna bunga yang berlainan. Warna bunga ini dikuasai oleh pH tanah yang dipakai untuk media tanam. Bila Anda tertarik untuk lakukan budidaya hortensia, lihat banyak hal berikut.

Hortensia adalah nama lain dari genus Hydrangea. Ada banyak tipe serta spesies hortensia. Tipe yang seringkali ditanam ialah Hyrdrangea macrophylla. Tidak stop sampai disana, spesies ini rupanya masih mempunyai kira-kira 600 kultivar yang lain. Ciri penting spesies ini ialah bunganya yang besar tetapi steril.

Tanaman yang terkenal di Asia Timur, Asia Selatan, serta Amerika ini rupanya bisa diperbanyak dengan beberapa langkah. Dari mulai setek tangkai, kultur jaringan, sampai memakai benih bisa jadi jalan keluar untuk lakukan budidaya hortensia.

Bila Anda akan lakukan setek tangkai, Anda bisa memakai sisi tengah tangkai hortensia. Tekankan tangkai itu tidak pernah berbunga. Anda cukup ambilnya selama 12 cm saja.

Untuk menanamnya, sediakan tanah yang subur, berpori, serta cukup lembap. Pakai pupuk kompos supaya tanah bertambah lebih subur. Hortensia menyenangi cahaya matahari pada pagi hari, serta saat sore seharusnya tempatkan tanaman dalam tempat yang teduh.

Sesudah mempersiapkan bibit, media tanam, serta tempat tanam, sekarang galilah tanah itu. Masukan tanaman pada lubang serta siram dengan air. Tutup kembali lagi lubang dengan tanah galian.

Keasaman tanah benar-benar mengubah warna bunga hortensia. Tanah yang condong asam dengan pH 5,5—6,5 akan membuahkan bunga berwarna biru. Sesaat, tanah yang makin tidak asam akan membuahkan bunga merah muda.

Anda juga dapat mengendalikan warna bunga ini dengan mengendalikan keasaman pH tanah. Pakai kapur dolomit serta aluminium sulfat untuk mengendalikan keasaman ini. Aluminium sulfat dipakai untuk turunkan pH tanah jadi asam, sedang kapur dolomit dipakai untuk meningkatkan pH tanah.

Baca Juga:  5 Perlengkapan yang Wajib Ada Saat Liburan

Perawatan tanaman ini juga cukup gampang. Anda perlu memotongnya satu tahun sekali saat kuncup bunga telah nampak. Umumnya, tanaman yang di beli di florist tangerang akan tumbuh ke atas bila tidak dipotong dengan cara teratur. Makin tinggi, tanaman ini akan mempunyai efek patah yang semakin besar. Ini sebab tangkai yang menyokong tidak demikian kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *