Cara Membersihkan Jam Tangan Titanium

Cara Membersihkan Jam Tangan Titanium

Jam tangan titanium adalah salah satu jenis jam tangan mewah yang menggunakan titanium sebagai bahan utama pada permukaan jamnya. Titanium merupakan bahan yang kuat dan cukup tahan goresan sehingga penggunaannya pada jam tangan cukup membuatnya menjadi barang mewah. Harga jenis jam tangan titanium sendiri bisa menjadi sangat mahal dengan dikombinasikan dengan merk ternama dan teknologi jam tangan termutakhir.

Ada banyak brand jam tangan dunia yang membuat jam tangan berbahan titanium dengan model yang bervariasi. Brand jam tangan mewah seperti Rolex atau Omega cukup sering menggunakan bahan titanium sebagai bahan utama dari jam tangan mereka. Beragam produsen dari brand jam tangan Casio, Seiko, dan Skagen yang memproduksi entry level juga memiliki koleksi jam tangan titanium.

Walaupun titanium memiliki reputasi baik sebagai jenis metal yang awet, namun sebagai bahan untuk jam tangan, tentunya tetap memerlukan perawatan. Pemakaian rutin jam tangan titanium untuk kegiatan sehari-hari tentunya juga membuat jam tangan lebih sering terkena debu dan benda lainnya. Karenanya jam tangan titanium tetap perlu untuk dirawat dan dibersihkan secara berkala agar tetap bersih dan tidak cepat rusak.

Penggunaan yang sering cukup berpengaruh pada keawetan bahan titanium yang ada di jam tangan yang berbahan titanium. Biasanya untuk merawat dan membersihkan secara berkala, kebanyakan orang akan membawanya ke profesional yang ahli di bidang jam tangan. Namun, sedikit yang mengetahui bahwa perawatan sendiri juga bisa dilakukan untuk menjaga keawetan jam tangan dengan cara berikut:

Bersihkan Goresan Pada Jam Tangan Titanium

Hal pertama yang dilakukan untuk membersihkan jam tangan titanium adalah dengan membersihkan goresan yang menempel pada jam tangan. Semakin sering jam tangan titanium dipakai, semakin besar peluang jam tangan tersebut tertempel debu dan kotoran lainnya yang kecil. Untuk proses membersihkan goresan ini biasanya digunakan penghapus tinta yang digosokkan diatas goresan secara perlahan dan searah selama beberapa kali.

Bersihkan Debu dan Kotoran Yang Menempel

Baca Juga:  Cara Mengeringkan Kasur Tanpa Dijemur dengan Cepat

Langkah kedua yang dilakukan adalah membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan jam tangan titanium. Proses untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel biasanya dilakukan dengan menggunakan sikat gigi yang lembut pada permukaan jam tangan. Ketika menyikat, sikat gigi yang digunakan sebaiknya memiliki bulu yang halus dan dibasahi sedikit dengan air hangat atau air biasa. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk jenis jam tangan non-waterproof sebaiknya hindari menyikat bagian utama dan cover belakang jam tangan.

Gosok Bagian Sudut dan Celah Strap Jam Tangan

Ketiga, untuk proses membersihkan jam tangan titanium adalah membersihkan sudut dan celah pada strap jam tangan titanium. Bagian sudut dan celah pada strap jam tangan berbahan titanium menjadi tempat yang biasanya banyak terdapat debu dan kotoran kecil. Maka dari itu, perlu dibersihkan dengan sikat gigi yang dibasahi dengan sedikit dan diberi sedikit pasta gigi. Pasta gigi tersebut akan berfungsi sebagai bahan pemoles sekaligus pembersih debu dan kotoran yang ada di strap jam tangan.

Keringkan Dengan Kain Bersih

Terakhir setelah melakukan ketiga langkah diatas, hal yang dilakukan adalah mengelap jam tangan dengan kain bersih. Perlu diperhatikan, kain yang digunakan adalah kain tanpa serat sehingga lembut saat digunakan untuk mengelap jam tangan hingga ke sela-selanya. Berhati-hatilah ketika mengelap hingga bagian sudut dan celah pada strap jam tangan hingga tak ada sisa pasta gigi dan kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *