Cara Membersihkan Plat Penggiling Pada Meat Grinder

Cara Membersihkan Plat Penggiling Pada Meat Grinder

Meat Grinder atau mesin penggiling daging adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk menggiling berbagai jenis daging. Mesin penggiling daging ini biasanya terdiri dari dua jenis yaitu mesin penggiling manual dan mesin penggiling otomatis. Selain itu, mesin penggiling daging atau meat grinder juga bisa digunakan untuk menggiling jenis makanan lain seperti kacang-kacangan.

Ketika menggunakan meat grinder atau mesin penggiling daging, pastinya semua orang akan menggunakan mesin tersebut saat dalam keadaan bersih. Baik itu, meat grinder manual maupun otomatis, mesin penggiling daging harus dalam keadaan bersih saat akan menggiling daging. Oleh karenanya, mesin penggiling daging harus selalu dibersihkan dengan baik setiap kali selesai digunakan untuk menggiling daging atau bahan lainnya.

Alat untuk menggiling daging sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu plat penggiling, derek, pendorong, pisau, dan tubuh penggilingnya. Salah satu bagian penting pada mesin grinder adalah plat penggiling yang berfungsi sebagai penghalus daging dan bahan lain yang digiling. Sehingga, kebersihan bagian plat penggiling menjadi sangat penting karena bisa mempengaruhi hasil penggilingan daging maupun bahan lainnya.

Untuk membersihkan plat penggiling pada meat grinder sendiri memang tidak begitu sulit namun juga tidak begitu mudah. Pembersihan plat penggiling sendiri selain untuk menghindari hasil gilingan yang kurang baik juga untuk mencegah terjadinya karat pada plat. Berikut ini adalah langkah dan cara membersihkan plat penggiling pada meat grinder atau mesin penggiling daging:

Persiapan Sebelum Membersihkan Plat Penggiling Daging

Sebelum memulai melakukan pembersihan pada plat penggiling, sebaiknya gunakan meat grinder untuk menggiling 2 potong roti terlebih dahulu. Proses menggiling roti dengan meat grinder dilakukan sama dengan cara menggiling daging ataupun jenis bahan makanan lainnya. Roti tersebut akan bekerja menyerap dan membersihkan sisa-sisa potongan daging dan bahan lain yang menempel di dalam meat grinder.

Lepaskan Plat Penggiling Daging

Selanjutnya, setelah membersihkan sisa daging dengan menggiling 2 potong roti, bongkar meat grinder dan lepaskan plat penggiling daging. Dalam keadaan khusus, pastikan terlebih dahulu meat grinder sudah tercabut dari soket sebelum membongkar dan melepas plat penggiling daging. Pastikan selalu berhati-hati ketika melepaskan plat penggiling pada meat grinder karena beberapa bagiannya sangat tajam dan bisa melukai tangan.

Gosok dan Bersihkan Plat Penggiling Daging

Baca Juga:  5 Keuntungan Memberikan Plakat Akrilik Dalam Seminar

Setelah melepas plat penggiling dari meat grinder, langkah selanjutnya adalah membersihkan plat penggiling tersebut secara menyeluruh. Untuk membersihkannya, bisa menggunakan sikat namun akan lebih baik jika menggunakan tangan saja untuk agar tidak mengurangi kualitas plat penggiling. Membersihkan menggunakan sikat sendiri cukup beresiko memiliki resiko mengurangi tingkat ketajaman dari beberapa bagian plat penggiling.

Rendam lalu Cuci Plat Penggiling Daging

Langkah selanjutnya, plat penggiling daging direndam pada larutan air sabun yang hangat untuk mengangkat sisa penggilingan yang mungkin masih menempel. Rendam plat penggiling daging dalam larutan sabun tersebut dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, setelah waktu 15 menit, bersihkan seluruh bagian plat dengan spons atau sikat yang lembut.

Bilas kemudian Keringkan Plat Penggiling Daging

Yang terakhir, setelah merendam dan mencuci plat penggiling, hal yang selanjutnya dilakukan adalah membilasnya dengan air bersih. Setelahnya, keringkan plat penggiling dan bagian lain dari meat grinder selama beberapa waktu hingga benar-benar kering. Langkah terakhir setelah semua bagian benar-benar kering, pasanglah kembali semua bagian seperti semula dan meat grinder siap digunakan kembali.

Lima langkah diatas merupakan cara membersihkan plat penggiling pada meat grinder agar bersih kembali ketika akan digunakan lagi. Untuk membeli dan mendapatkan meat grinder, saat ini tidak begitu sulit karena ada banyak toko mesin pengolah makanan yang menjualnya. Selain itu, banyak juga toko mesin pengolah makanan yang menyediakan transaksi secara online sehingga lebih mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *