Cara Merubah Word ke PDF di HP Android

Cara Merubah Word ke PDF di HP Android

Cara Merubah Word ke PDF di HP Android

Untuk share dokumen, menggunakan file dengan format Word cukup repot. Karena sangat mungkin susunan atau huruf  bisa berubah. Bisa berantakan. Diperlukan cara merubah Word ke PDF untuk menghindari hal ini.

Tapi tahukah Anda bahwa mengubahnya bisa menggunakan smartphone? Kali ini saya akan share cara mudah untuk mengkonversi file Word ke PDF di HP Android.

NOTE: Untuk cara mengubah Word ke PDF di laptop bisa baca di Situs PakarDokumen.com

Cara Merubah Word ke PDF di HP Android Pakai Aplikasi

  • Silakan download Aplikasi Fast PDF Converter dan PDF Reader dari Google Play Store. Bagi pengguna iPhone bisa cari aplikasi PDF converter di Apple App Store. Kedua aplikasi dapat didownload secara gratis.
  • Buka aplikasi tersebut, selanjutnya Anda akan melihat sejumlah pilihan seperti membaca, pengeditan, penggabungan, dan mengkonversi.
  • Cara merubah Word ke PDF di HP Android lewat aplikasi, gulir ke bawah dan klik pilihan “Word to PDF”.
  • Setelah memberikan izin aplikasi untuk mengakses foto, media, dan file pada smartphone Anda, pilih menu pilih dokumen format Word (Doc, Docx) yang ingin Anda rubah.
  • Setelah menunggu sampai selesai. Ukuran file dapat mempengaruhi tingkat konversi, sehingga ukuran file Word yang lebih besar jelas membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses.
  • Setelah merubah file Word Anda, dimodifikasi ke PDF dengan komplit. Anda kemudian akan diminta untuk men-download dokumen hasil konversi Word ke PDF tersebut.

Nah, cara di atas adalah cara merubah file Word menjadi file PDF di HP Android. Sebaliknya, untuk merubah PDF ke Word, metodenya hampir sama.

Perbedaannya adalah bahwa, setelah membuka aplikasi, pilih “PDF to Word”. Setelah itu, prosesnya sama dengan mengonversi dokumen Word ke PDF. Harap dicatat bahwa smartphone Anda harus online untuk membuat aplikasi ini bisa bekerja.

Baca Juga:  Dongkrak Bisnis Melalui Website

Merubah File Word ke PDF di SmartPhone Android Melalui Web

Jika Anda menggunakan smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang cukup kecil, Anda dapat menggunakan cara ini karena Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi.

  • Cukup Anda kunjungi situs konverter online seperti www.smallpdf.com . Seperti aplikasi sebelumnya, Anda juga akan dihadapkan pada banyak pilihan/ opsi.
  • Untuk mengkonversi dokumen Word ke PDF, gulir sampai Anda menemukan opsi biru muda “Word to PDF”. Untuk mengubah dokumen PDF ke Word, klik opsi “PDF to Word”.
  • Kemudian, Klik Pilih file untuk mengupload dokumen yang akan diubah. Selain upload dokumen offline pada smartphone Anda, ada juga pilihan untuk mengupload dokumen dari Dropbox dan Google drive.
  • Setelah Anda memilih dokumen yang ingin Anda ubah, Anda harus menunggu dokumen diproses.
  • Setelah dokumen Anda diproses, Anda dapat mengunduh dokumen PDF atau Word pada ponsel Android Anda atau mengunggahnya ke Dropbox atau Google drive.

Cuman seperti ini cara merubah Word ke PDF di HP Android (atau sebaliknya). Sangat gampang bukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *