Mengenal Macam Alat Bantu Pernafasan Di Rumah Sakit & Klinik

Mengenal Macam Alat Bantu Pernafasan Di Rumah Sakit & Klinik

Pernafasan merupakan sistem yang menunjang kehidupan manusia. Bernafas adalah menghirup udara yang mengandung oksigen kemudian mengeluarkan karbon dioksida. Proses ini melibatkan organ dalam tubuh manusia yaitu paru – paru. Apabila terdapat gangguan dalam proses pernafasan, maka seseorang perlu dibantu dengan menggunakan alat bantu

pernafasan agar tetap bisa bernafas. Apabila tidak maka dapat berbahaya untuk keselamatan hidupnya.
Berikut ini beberapa mcam alat bantu pernafasan yang umumnya ada di rumah sakit dan klinik untuk digunakan ketika ada pasien yang membutuhkan alat bantu tersebut.

Beberapa Macam Alat Bantu Pernafasan !

1# – Tabung Oksigen

Sebenarnya dengan tabung oksigen saja kita tidak bisa membantu seseorang untuk bernafas. Namun ada alat lain yang perlu disambungkan yaitu regulator oksigen dan juga selang oksigen. Selang oksigen terhubung dengan tabung oksigen yang sebelumnya telah dipasang regulator. Regulator oksigen sendiri berfungsi untuk mengatur laju keluarnya oksigen sehingga dapat diterima pasien dengan baik.

2# – Ventilator

Mungkin anda teringat dengan kata ventilasi, memang tidak terlalu jauh. Fungsi ventilasi rumah adalah untuk pertukaran udara dari dalam dan ke luar rumah. Sama juga fungsi ventilator dalam dunia medis. Alat ini berfungi untuk pertukaran gas oksigen. Ventilator memiliki peran yang sangat penting yaitu menggantikan sebagian atau seluruh tugas paru – paru dalam proses pernafasan. Biasanya orang yang mengalami gangguan pernafasan parah akan dipasang alat tersebut.

3# – Nebulizer

Mungkin diantara anda ada yang sudah mengetahui alat ini. Nebulizer tidak secara langsung sebagai alat bantu pernafasan, namun kita bisa masukkan alat ini sebagai alat bantu karena berkaitan dengan sistem pernafasan. Alat ini berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi uap (aerosol) yang akan langsung dihirup oleh pasien menuju ke paru – paru. Dengan alat ini, proses penanganan gangguan nafas akan lebih cepat.

Baca Juga:  Langkah Alami untuk Menghilangkan Bau Mulut

4# – CPAP

CPAP merupakan singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure yaitu alat yang digunakan untuk memberikan tekanan udara positif ke dalam saluran pernafasan. CPAP sering digunakan untuk terapi gangguan sleep apnea. Yaitu gangguan pernafasan yang dialami seseorang pada saat tertidur. CPAP bekerja dengan cara meniupkan udara ke saluran pernafasan melalui masker sehingga jalan nafas tetap terbuka.

5# – Oksigen Concentrator

Alat ini sebenarnya sama fungsinya degan tabung oskgein. Namun cara kerjanya berbeda. Alat ini disebut juga sebagai mesin menghasil oksigen karena bekerja dengan cara menyerap udara dari sekelilngnya kemudian mengkonsentrasikan menjadi oksigen murni yang bisa langsung digunakan. Alat ini selain digunakan di rumah sakit juga dapat digunakan sebagai alat terapi di rumah.

Nah, itulah beberapa macam alat bantu pernafasan yang umum digunakan di rumah sakit atau klinik untuk penanganan gangguan pernafasan. Jika anda membutuhkan informasi tentang suplayer alat – alat bantu pernafasan, anda bisa kunjungi website distributor alat kesehatan terpercaya di www.glorya.co.id, sekian semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *