Manfaat  Aluminium

Manfaat Aluminium

Apa itu aluminium?

Aluminium adalah unsur ketiga terbanyak di bumi di belakang oksigen dan silikon. Ini menyumbang sekitar 8% dari kerak bumi dan diproduksi dari bijih aluminium – bauksit. Senyawa ini ditemukan beberapa meter di bawah tanah dan biasanya strip ditambang. Setelah penambangan, bijih ditumbuk dan dimurnikan dan alumina dipisahkan dari bauksit menggunakan proses elektrolisis yang melibatkan larutan soda kaustik panas dan kapur. Proses ini intensif energi dan merupakan faktor besar dalam keseluruhan biaya aluminium.

Ini adalah logam yang sangat populer karena beberapa karakteristik utama termasuk: 100% dapat didaur ulang, kekuatan tinggi terhadap rasio berat, mudah dikerjakan dengan mesin dan dapat dibentuk serta konduktor panas dan listrik yang sangat baik.

Manfaat aluminium

Penyerapan aluminium di berbagai industri terus meningkat terutama karena manfaatnya yang menonjol, yang mencakup kesederhanaannya untuk diproses dan bekerja dengan. Dibandingkan dengan logam lain seperti besi dan baja, aluminium lebih mudah ditempa dan lebih tahan uji waktu. Ini adalah logam dengan kepadatan rendah dengan permukaan halus dan toleransi dimensi rendah dan tidak dapat dimagnetisasi secara eksternal. Logam juga dapat dianodisasi untuk keperluan estetika tergantung pada paduannya sehingga aplikasinya lebih beragam. Aluminium anodisa juga dapat digunakan untuk tujuan estetika tergantung pada paduannya, membuat aplikasinya lebih beragam dan kira-kira sepertiga dari berat baja. Nilai yang berbeda memiliki faktor bobot yang berbeda tetapi umumnya dibulatkan menjadi 2.710 kg per meter kubik. Dibandingkan dengan jenis logam lainnya, relatif mudah untuk mesin dengan tetap mempertahankan kekuatan yang relatif tinggi karena tahan korosi dan memiliki 100% daur ulang. Aluminium murni (Al) dicampur dengan elemen yang berbeda untuk memberikan sifat paduan aluminium akhir yang berbeda. Sebagai contoh, tembaga adalah elemen paduan dalam nilai seri 2xxx untuk memberikan peningkatan kekuatan namun penambahan tembaga ini mengurangi keuletan logam.

Baca Juga:  Macam Macam Ibadah Haji

Dapat didaur ulang

Salah satu manfaat utama dari aluminium adalah bahwa tidak hanya 100% dapat didaur ulang tetapi juga jauh lebih efektif untuk didaur ulang daripada menghasilkan logam baru yang prima. Diperkirakan bahwa produksi aluminium oleh daur ulang membutuhkan sekitar. 5% dari energi yang dibutuhkan untuk mengekstrak dan memproduksi aluminium baru. Selain itu, emisi CO2 yang dihasilkan sangat berkurang ketika memproduksi aluminium melalui daur ulang. Karena efektivitas biaya dan berkurangnya gas rumah kaca yang dihasilkan saat menggunakan logam daur ulang, pabrikan aluminium akan selalu menggunakan bahan daur ulang jika memungkinkan.

Aluminium tidak mengalami kerugian dalam kualitas melalui daur ulang sehingga dapat didaur ulang berkali-kali dengan biaya yang lebih rendah untuk memproduksi logam baru.

Konduktif

Aluminium adalah konduktor listrik dan panas yang baik. Dibandingkan dengan tembaga, aluminium memiliki sekitar. 61% konduktivitas listrik, hanya memiliki sepertiga dari berat dan biaya yang jauh berkurang. Selain sebagai konduktor listrik yang baik, aluminium juga merupakan konduktor panas yang sangat baik. Karena alasan inilah mengapa aluminium sering digunakan sebagai heat sink pada produk listrik di mana ada kebutuhan untuk mendinginkan produk seperti motherboard komputer, atau lampu LED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *