Pasti Bersih dan Bikin Nyaman, Ikuti Cara Mencuci Karpet agar Tidak Bau Ini, Yuk!

Pasti Bersih dan Bikin Nyaman, Ikuti Cara Mencuci Karpet agar Tidak Bau Ini, Yuk!

Cara Mencuci Karpet agar Tidak Bau: Karpet memang merupakan pilihan yang pas agar lantai jadi terasa makin menarik. Baik karpet yang digunakan pada saat-saat tertentu saja maupun karpet yang selalu terpasang sebagai bagian dari dekorasi ruangan, benda yang satu ini selalu bisa membuat ruangan lebih hangat dan nyaman.

Hanya saja, karena letaknya yang ada di lantai dan sering diinjak-injak, tak heran kalau debu, noda, dan kotoran jadi masalah yang tak terhindarkan. Untungnya, cara mencuci karpet agar tidak bau dan bebas dari kotoran sangatlah mudah, lho!

baca juga cuci karpet bandung

Pertama, untuk menyingkirkan debu maupun segala jenis kotoran lainnya, Anda bisa gunakan penyedot debu alias vacuum cleaner, atau gunakan sapu lidi. Untuk penggunaan sapu lidi, sebaiknya lakukan di luar rumah agar debu dan kotoran juga bisa sepenuhnya dibawa keluar dari ruangan, ya!

Sementara itu, membersihkan noda dari karpet bisa dilakukan dengan mencuci karpet sampai bersih tuntas. Tapi, bagaimana ya cara mencuci ambal agar tidak bau?

Agar karpet bebas dari bau saat dicuci, sekadar menggunakan air dan sabun tidaklah cukup, baik itu untuk menyingkirkan noda yang membandel, bau tak sedap yang menempel di karpet, maupun debu yang menempel dan sudah mengeras. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan produk pembersih karpet khusus yang berwujud bubuk, atau menggunakan sampo khusus karpet.

baca juga cuci karpet buah batu bandung

Hanya saja, Anda tetap perlu mengetes produk pembersih karpet yang Anda dapatkan terlebih dahulu, lho! Anda bisa aplikasikan dulu pada setitik bagian karpet di ujung, atau bagian yang sekiranya tidak cukup terlihat. Kalau tidak ada kerusakan pada serat karpet maupun warnanya, produk tersebut aman digunakan.

Baca Juga:  Ini Yang Terjadi Bila Anda Malas Membersihkan Jok Mobil!

Kemudian, tips cuci karpet agar tidak bau lain yang perlu Anda perhatikan adalah saat menjemur karpet. Tak jarang, karpet masih berbau apek walaupun sudah kering, apalagi kalau karpet tidak langsung kering dalam satu hari. Kalau masalah ini terjadi pada Anda, artinya tingkat kelembapan bulu-bulu karpet memang sudah tinggi, sehingga menjadi sarang bakteri untuk berkembang. Karena itu, begitu karpet terkena air, bau apek langsung menguar, deh.

Nah, untuk mengatasi bau apek tersebut, Anda bisa akali dengan menambahkan sedikit kaporit, terutama ketika Anda akan menyikat karpet. Tujuannya adalah untuk merontokkan kotoran sekaligus membunuh bakteri penyebab bau apek yang menghuni serat-serat bulu karpet Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *