Pentingnya Melakukan Service Ganti Oli Dan Ban Secara Berkala

Pentingnya Melakukan Service Ganti Oli Dan Ban Secara Berkala

service ganti oli dan ban

Ketika kita akan membeli kendaraan, tentunya banyak hal yang mendasarinya. Salah satunya adalah sebagai kebutuhan akan transportasi untuk menunjang berbagai macam aktivitas yang akan kita lakukan, mulai dari bekerja, sekolah, pergi berlibur, dan sebagainya. Pada saat menggunakan kendaraan, pastinya semua orang yang akan menggunakannya tidak menginginkan terjadinya masalah, terutama disaat – saat dibutuhkan atau penting. Maka dari itu, dibutuhkan perawatan kendaraan secara berkala untuk mencegahnya. Walaupun hanya ada sedikit kerusakan pada kendaraan anda, hal tersebut dapat membuat kerusakan yang besar pada kendaraan apabila tidak segera diperbaiki. Salah satu bentuk perawatan kendaraan yang perlu dilakukan secara berkala adalah service ganti oli dan ban kendaraan. Mengapa begitu ? Simaklah penjelasannya berikut ini.

 

1. Performa Kendaraan Dapat Maksimal

Kendaraan yang sering digunakan tentunya beberapa komponennya akan mengalami perubahan dan keausan. Seperti contohnya saja busi menjadi aus, kampas rem menjadi semakin tipis, saringan udara yang kotor, dan lain sebagainya. Jadi, dengan melakukan perawatan secara berkala, komponen – komponen tersebut dapat dibersihkan atau dilakukan penyetelan. Apabila dikira terdapat komponen yang sudah rusak parah dan tidak dapat digunakan, maka akan dilakukan penggantian. Dengan begitu performa kendaraan akan dapat bekerja secara maksimal.

 

2. Mengurangi Pembiayaan Yang Lebih Besar

Saat servis ganti oli dan ban dilakukan secara berkala, dilakukan pengecekan secara menyeluruh mengenai keadaaan dari kendaraan tersebut. Apabila ketika pengecekan terdapat komponen kendaraan yang rusak dan harus segera diganti, pihak bengkel biasanya akan memberikan informasi dan meminta persetujuan penggantian pada pemilik kendaraan. Hal ini merupakan bentuk deteksi awal sebelum kerusakan yang terjadi menjadi semakin lebih besar. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, maka pemilik dapat mengatur pengeluaran biaya terkait penggantian komponen – komponen yang rusak.

 

3. Berkendara Menjadi Aman Dan Nyaman

Dengan melakukan service ganti oli dan ban secara rutin, maka dapat diketahui kondisi dari kendaraan tersebut secara menyeluruh. Hal ini merupakan hal penting yang perlu diketahui, karena terdapat berbagai macam sistem yang saling terkait. Misalnya saja jika diketahui ban kendaraan anda tidak bocor ataupun terlalu tipis, maka anda tidak perlu khawatir atau was – was ketika harus mengendarainya. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, berkendara akan terasa aman dan nyaman.

 

4. Mengurangi Resiko Kendaraan Mogok Di Perjalanan

Kendaraan yang mogok di perjalanan pastinya merupakan hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Hal ini akan menjadi lebih sulit lagi jika kita tidak mengetahui secara jelas mengenai sistem kendaraan tersebut. Terdapat banyak sekali hal yang menyebabkan kendaraan tiba – tiba saja mogok atau tidak dijalankan. Seperti sistem pengisian yang tidak normal, kondisi aki yang sudah melemah, oli yang habis, dan lain sebagainya. Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka hal – hal tersebut dapat terdeteksi lebih awal, Sehingga resiko mobil akan mogok atau tidak dapat dijalankan akan menjadi lebih sedikit.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai pentingnya service ganti oli dan ban dilakukan secara berkala. Ketika memiliki kendaraan, tentunya anda perlu terus berkomitmen merawat kendaraan anda agar dapat awet untuk digunakan. Sisihkan sedikit uang anda untuk melakukan service pada kendaraan anda. Jangan sampai anda membiarkan kerusakan yang ada pada kendaraan anda dan akhirnya harus membayar biaya perbaikan yang jauh lebih mahal.

 

Baca Juga:  Harga Supercar Bekas Terendam Banjir Turun Hingga 50%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *