Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Orangtua Baru

Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Orangtua Baru

Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Orangtua Baru

Kedatangan balita bukan saja menghabiskan tenaga serta emosi, tetapi pula memunculkan kekhawatiran untuk sebagian orang tua baru. Banyak orang tua, paling utama yang baru awal kali mempunyai anak, masih kebimbangan dalam menjaga balita baru lahir.

Bisa jadi Kamu sudah melaksanakan bermacam persiapan buat menyongsong kedatangan buah hati semenjak jauh- jauh hari seperti mempersiapkan pilihan popok dengan mamypoko, tetapi senantiasa saja Kamu membutuhkan penyesuaian besar buat menempuh kedudukan baru Kamu bagaikan orang tua.

Belajar Menjaga Balita Baru Lahir untuk Pendamping Muda- Alodokter

Sebagian Perihal Terpaut Balita Baru Lahir

Sebagian perihal di dasar ini harus Kamu perhatikan dikala menjaga balita baru lahir:

Melindungi kebersihan serta keamanan bayi

Jagalah kebersihan tangan dikala hendak memegang ataupun menggendong balita yang baru lahir. Mencuci tangan terlebih dulu saat sebelum memegang Sang Kecil supaya ia bebas dari serbuan bakteri serta virus. Berhati- hatilah dikala menggendong balita yang baru lahir, paling utama metode Kamu memegang bagian kepala serta lehernya. Jangan sempat menguncang- guncang balita dikala menenangkannya sebab bisa menimbulkan perdarahan di otak.

Memandikan bayi

Jauhi memandikan balita baru lahir saat sebelum tali pusatnya copot serta zona pusarnya kering. Lumayan seka Sang Kecil dengan waslap. Sehabis tali pusatnya copot, mandikan Sang Kecil dengan sampo serta sabun yang dirumuskan spesial buat balita. Apabila butuh, tanyakan kepada dokter menimpa produk yang sesuai buat balita baru lahir. Tidak hanya itu, siapkan pula perlengkapan yang cocok buat memandikan balita baru lahir, semacam bak mandi balita serta handuk yang lembut.

Mengubah popok

Salah satu perawatan balita baru lahir yang dikira susah merupakan memasang popok. Kamu bisa jadi hendak mengubah popok Sang Kecil sampai 10 kali dalam satu hari, bergantung konsumsi yang diterimanya. Biasanya, balita yang diberikan susu resep semenjak lahir hendak lebih kerap berkemih serta buang air besar dibanding balita yang diberi ASI.

Butuh Kamu tahu, balita umumnya awal kali buang air besar 1–2 sehabis lahir. Kotoran balita baru lahir berbentuk mekonium bercorak gelap. Mekonium sendiri terdiri dari lendir, cairan ketuban, serta seluruh suatu yang ditelan balita dikala terletak di dalam rahim.

Berikan susu

Biasanya, balita butuh diberi susu 8–15 kali dalam satu hari. Ini sebab kapasitas perut balita masih sangat kecil. Susui Sang Kecil secara berkala, tanpa wajib menunggunya menangis terlebih dulu. Perihal ini sebab dikala menangis, balita hendak lebih susah menelan susu karena lidahnya tidak terletak dalam posisi yang pas buat meneguk cairan.

Pada awal mulanya, menyusui balita bisa jadi terasa susah. Tetapi bersamaan waktu, Kamu serta Sang Kecil hendak terus menjadi mahir dalam proses ini.

Anjuran Berarti untuk Orang Tua

Menjaga balita baru lahir memanglah bukan perihal yang gampang serta lumayan meletihkan. Banyak orang tua, spesialnya yang baru awal kali mempunyai balita, merasa kewalahan serta tekanan pikiran, apalagi sampai jatuh sakit. Oleh sebab itu, Kamu butuh mengenali metode melindungi kesehatan serta mengelola tekanan pikiran yang bisa jadi Kamu rasakan dikala mengurus balita baru lahir.

Berikut ini merupakan sebagian perihal yang dapat Kamu jalani supaya tidak tekanan pikiran serta senantiasa bugat sepanjang menjaga balita baru lahir:

Melindungi keadaan Fisik

Walaupun Kamu kurang tidur sebab menjaga Sang Kecil, hindarkanlah komsumsi kafein. Tetaplah komsumsi santapan sehat serta minum air putih yang lumayan. Yakinkan pula buat senantiasa menghisap hawa fresh. Supaya tidak mengantuk, upayakan buat turut tidur dikala Sang Kecil tidur. Apabila merasa sangat letih ataupun mengantuk, mintalah pendamping ataupun anggota keluarga yang lain buat melindungi Sang Kecil sebentar selagi Kamu tidur ataupun istirahat.

Baca Juga:  Manfaat Kangen Water

Jangan takut

Memandang mungil serta rentannya Sang Kecil yang baru lahir bisa jadi membuat Kamu merasa takut tidak dapat merawatnya dengan baik. Tetapi, kecemasan ini bisa menurun bila Kamu membicarakannya dengan pendamping serta memohon dukungannya.

Tidak hanya itu, tertawa riang bersama Sang Kecil serta pendamping pula dapat menguraikan ketakutan yang Kamu rasakan. Tidak cuma menangis, balita pula dapat berbicara lewat bahasa badannya, semacam ekspresi wajah ataupun gerakan tangannya.

Jangan takut serta merasa tidak yakin diri sebab masih kikuk dikala memandikan, mengubah popok, serta menyusui Sang Kecil, ataupun apabila tidak dapat menenangkannya kala menangis. Lama- kelamaan Kamu hendak kian terbiasa serta dapat melaksanakannya dengan mudah. Ingat, tidak terdapat bunda yang langsung mahir mengurus balita, kok. Melaksanakan sebagian kesalahan kecil dikala menjaga anak itu normal, terlebih Kamu merupakan orang tua baru.

Tunda dulu pekerjaan lain

Jangan sangat memaksakan diri buat melaksanakan pekerjaan rumah tangga yang biasa Kamu jalani saat sebelum Sang Kecil lahir. Mensterilkan rumah serta cuci baju dapat ditunda dulu, supaya tidak sangat letih dikala menjaga balita baru lahir.

Kamu pula dapat mengirit tenaga dengan kurangi aktivitas yang umumnya memerlukan waktu lama, semacam memasak. Bila saat sebelum terdapat sang Kecil Kamu terbiasa mempersiapkan makan malam yang sempurna, saat ini lumayan sediakan santapan yang gampang diolah. Tetapi, bukan berarti Kamu boleh mengesampingkan isi gizi di dalamnya, ya.

Jangan mengurung diri

Dikala menjaga balita baru lahir, jangan ragu buat keluar rumah. Balita yang rewel dikala di rumah bisa jadi hendak riang dikala diajak keluar rumah buat semata- mata berjalan- jalan menghisap hawa fresh.

Mempunyai balita pula bukan berarti menghalangi ikatan dengan sahabat serta keluarga Kamu. Sesekali, perkenankan mereka turut menolong mengurus Sang Kecil. Dorongan ini dapat mengirit tenaga Kamu, sekalian mempererat ikatan Kamu dengan mereka.

Bila terdapat sahabat ataupun keluarga yang mengutarakan perihal yang kurang mengasyikkan, cobalah buat tidak sangat memikirkannya serta anggap saja kalau mereka cuma berupaya buat membagikan sokongan.

Ketahui kapan memohon bantuan

Ingat, masa kecil buah hati Kamu tidak hendak terulang 2 kali. Oleh sebab itu, nikmatilah masa- masa‘ merepotkan’ ini. Walaupun begitu, Kamu wajib senantiasa mengenali batas diri sendiri.

Bila memanglah tekanan yang Kamu rasakan telah sangat berat, mintalah dorongan kepada pendamping ataupun anggota keluarga yang lain. Kamu pula dapat bertanya kepada orang tua ataupun dokter buat memperoleh panduan menjaga balita baru lahir.

Yang tidak kalah berarti buat diingat, dikala jadi orang tua baru, Kamu bisa jadi hendak mendengar banyak sekali pendapat dari luar situ. Apalagi, tidak sedikit pendapat yang jadi mom shaming ataupun dad shaming. Nah, hal- hal ini jangan sangat dipusingkan serta diambil hati, ya. Yang terutama merupakan Kamu percaya telah melaksanakan yang terbaik buat buah hati Kamu.

Cara- cara di atas bisa membuat proses menjaga balita baru lahir jadi lebih gampang serta lebih mengasyikkan. Tidak butuh merasa tertekan ataupun rendah diri sebab belum dapat melaksanakannya dengan baik. Nikmati saja prosesnya sembari menyesuikan diri. Jangan hingga kebahagiaan Kamu atas kedatangan Sang Kecil jadi tersendat sebab perihal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *