Ranjang Pasien Elektrik, Solusi Untuk Manula Mandiri

Ranjang Pasien Elektrik, Solusi Untuk Manula Mandiri

Deskripsi

Penelitian membuktikan bahwa beberapa orang berusia lanjut merasa tertekan dengan kondisi mereka yang harus melakukan semuanya dengan bantuan orang lain. Ranjang pasien elektrik bisa menjadi solusi untuk membuat orang berusia lanjut merasa mandiri.

Artikel

bed rumah sakit

Punya pengalaman merawat anggota keluarga berusia lanjut di rumah? Satu hal yang banyak di keluhkan oleh anggota keluarga saya yang sudah berusia lanjut adalah penurunan kemampuan untuk bisa melakukan segala aktivitas sendiri. Sesuatu hal yang sangat bisa dimaklumi sebenarnya, mengingat segala sesuatu yang biasanya bisa dilakukan sendiri sekarang tidak bisa dilakukan lagi tanpa dibantu oleh orang lain. Kadang kala terjadi kecelakaan akibat mereka terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas sendiri.

Teman saya pernah bercerita bahwa Neneknya yang sudah berusia lanjut mengalami cedera otot karena memaksa untuk bisa duduk sendiri. Atau seperti yang terjadi pada kerabat saya dimana salah satu anggota keluarganya mengalami cedera kaki saat memaksa untuk mengangkat kakinya sendiri karena terlalu bosan tidur terlentang. membeli ranjang medis memang menjadi solusi. Namun, tetap saja, ketika yang dibeli adalah ranjang manual, para anggota berusia lanjut ini tetap harus meminta bantuan saat ingin berada di posisi duduk atau berbaring. Hal yang menurut Kakek saya ‘sangat repot’. Dari situlah terpikir ide untuk berinvestasi dengan membeli ranjang pasien elektrik. Butuh modal lebih besar memang, namun semuanya worth it kok ketika melihat raut puas wajah orang tua terkasih ini saat mengetahui mereka bisa mengontrol sendiri posisi seperti apa yang mereka inginkan.

Salah satu psikolog pernah berkata bahwa pikiran merupakan faktor paling penting dalam menentukan kesembuhan seseorang. Pada orang tua, fakta bahwa kemampuan tubuh tidak lagi seperti dulu sering menjadi faktor utama penyebab depresi. Kondisi belum bisa menerima keadaan bahwa sekarang ia tidak bisa melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain sering menimbulkan perasaan jengkel yang akhirnya memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Dengan ranjang pasien elektrik, paling tidak mereka memiliki kontrol atas posisi apa yang mereka inginkan. Terlalu jenuh berbaring? Dengan sekali tekan tombol mereka bisa berubah ke posisi duduk. Kaki pegal? Dengan remote control, mereka bisa menaikkan kaki sendiri. Ingin melihat pemadangan di luar jendela? Buka kunci roda agar ranjang bisa berpindah sisi. Ya, sendiri tanpa perlu bantuan orang lain untuk mengengkol tuas saat perubahan posisi. Memiliki kontrol sendiri akan kegiatan-kegiatan semacam ini bisa menimbulkan perasaan bahwa mereka masih punya power sendiri. 

Lebih lanjut, kemampuan untuk bisa merubah posisi sendiri ini juga akan berkaitan dengan kemampuan lain, seperti mengambil telepon di sisi ranjang, atau mengambil minum yang pasti akan susah dilakukan dalam posisi berbaring. Khawatir akan keamanan orang tua? itu juga yang sempat terlintas di benak saya. Bagaimana kalau roda berjalan sendiri? Bagaimana kalau remote control tidak sengaja terpencet? Dan seribu satu bagaimana yang lain, bagaimanapun kita berbicara tentang orang tua. Cedera sedikit saja bisa berakibat fatal bagi keadaan mereka. Dari sharing dengan beberapa pengguna ranjang elektrik, hal itu ternyata tidak perlu dikhawatirkan. Anda cukup memastikan bahwa roda dalam keadaan terkunci saat orang tua terlelap. Pastikan juga untuk meletakkan remote control dalam posisi yang aman –tapi tetap dalam jangkauan orang tua anda- untuk menghindari resiko remote control terpencet dengan tidak sengaja.

Usia senja memang tidak bisa dicegah, setiap orang akan mengalaminya. Yang bisa dicegah adalah stress selama masa tua. Untuk anda yang tertarik menggunakan ranjang pasien elektrik sebagai salah satu alat untuk meningkatkan rasa mandiri orang tua terkasih, anda bisa mengunjungi https://paramount.co.id/ID/ untuk referensi ranjang elektrik berkualitas.Paramount juga menyediakan beberapa produk home care yang dapat anda gunakan untuk memantau selalu kesehatan anda sekeluarga. Semoga sedikit uraian di atas bisa menjadi inspirasi. 

 

Baca Juga:  Ini Dia Produk Home Care Yang Wajib Dimiliki Beserta Cara Merawatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *