Sunyi Gua Kecil di Coban Siuk

Sunyi Gua Kecil di Coban Siuk

Akhir pekan bagi banyak orang merupakan waktu yang cocok untuk menyegarkan kembali pikiran. Setelah lima hari kepala dibuat penat dengan pekerjaan sehari-hari. Salah satu tempat tujuan wisata yang populer adalah Malang. Seiring terkenalnya Malang Raya sebagai kota tujuan wisata, tentu tidak sedikit orang berusaha mencari tempat wisata yang jauh lebih sepi dan tenang.

Salah satu tempat yang belum begitu ramai wisatawan adalah Coban Siuk. Tempat ini memang masih asing terdengar karena baru-baru ini ramai dibicarakan orang. Namanya belum begitu populer layaknya Coban Pelangi, Coban Rondo, Sumber Pitu, sampai Coban Talun. Justru ini menjadi kesempatan bagi kalian yang ingin menikmati suasana alam dengan ketenangan dan kesunyian.

Coban Siuk

Menurut tuturan penduduk sekitar nama Coban Siuk diambil dari nama seorang perempuan tua. Perempuan itu akrab dipanggil Mbah Siyok. Masih dari cerita penduduk sekitar, Mbah Siyok yang sebelumnya pernah mengelola dan memelihara tanah beserta hutan di sekitar air terjun itu. Saat ini ada jasa travel surabaya malang buat Anda yang ingin berkunjung kesini.

Lokasi Coban Siuk

Coban Siuk adalah air terjun yang berada di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Jarak dari pusat Kota Malang kurang lebih sejauh 30 km. Atau 1.5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Infrastruktur jalan dari pusat Kota Malang sampai Kecamatan Jabung terbilang bagus, sehingga tiada gangguan berarti untuk tiba di lokasi Coban Siuk.

Setelah menemukan pos jaga Coban Siuk, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekira 100 meter menuju lokasi. Kondisi jalannya masih tergolong alami, alias termasuk kategori sulit bagi kalian yang tidak berhati-hati. Apalagi saat kalian mengunjungi Coban Siuk pada musim hujan jalan menjadi licin.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Coban Siuk disarankan jangan malam hari. Hal ini dikarenakan belum ada penerangan yang memadai bagi pengunjung.

Baca Juga:  10 Tips Desain Website Paling Efektif #Research

Aktivitas di Coban Siuk

Ketinggian Coban Siuk kira-kira 80 meter disertai derasnya debit air yang mengalir ke bawah. Karakteristik khas dari Coban Siuk yaitu aliran air yang membentuk tirai. Sehingga sebagai latar belakang foto jelas bagus, sekaligus nyaman untuk bermain air karena tidak begitu sakit jika kena tubuh.

Atas Coban Siuk masih ada dua air terjun yang bisa dinikmati. Namanya air terjun Songgo Bumi dan Air Terjun Songgo Langit. Dua air terjun tersebut masih satu aliran dengan Coban Siuk, untuk menikmatinya anda perlu trekking ke atas sejauh dua kilometer.

Jangan cemas bagi anda yang hanya ingin menikmati pemandangan tanpa mau basah-basah. Anda dapat duduk-duduk santai di satu-satunya warung yang tersedia di sini. Sekaligus satu-satunya warung milik penduduk sekitar. Tentu saja sebagai penduduk asli dia mempunyai banyak cerita tentang coban tersebut.

Selain itu, di sekitar Coban Siuk ada sebuah gua kecil. Penduduk sekitar sering menyebutnya sebagai gua kuno. Konon katanya gua ini merupakan peninggalan Jepang saat menjajah Indonesia. Dan tak ketinggalan, di sini ada jembatan penghubung yang memungkinkan melihat air terjun dari jarak dekat. Sungguh menarik, bukan?

Harga Tiket Masuk

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sejumlah 10.000 rupiah. Lima ribu rupiah untuk biaya retribusi ke Coban, dan lima ribu rupiah sisanya untuk biaya parkir kendaraan roda dua. Karena belum disediakan parkiran kendaraan roda empat, calon pengunjung diharapkan tidak membawa kendaraan jenis ini.

Meskipun tergolong wisata baru, di Coban Siuk sudah terdapat fasilitas dasar seperti toilet. Jadi jangan ragu menikmati kesunyian Coban Siuk. Atau bagi kalian yang ingin berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kota Malang, Kota Batu, dan Bromo, kalian bisa menggunakan jasa travel surabaya malang murah Nahwa Travel. Sekaligus membantu memudahkan perjalanan wisata bersama keluarga dan rombongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *