Tips memilih pemanas air tenaga surya

Solar water heater adalah alat untuk memanaskan air menggunakan energi matahari. Penggunaan alat ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya dikontribusikan untuk menerapkan program ramah lingkungan karena menggunakan sumber daya alternatif, yaitu energi surya.

Banyak orang berpikir bahwa pemanas air tenaga surya hanya digunakan untuk orang kaya, meskipun kebanyakan orang yang menggunakan pemanas air tenaga surya adalah orang-orang yang peduli terhadap lingkungan.

Namun, saat ini ada banyak jenis pemanas air tenaga surya yang dapat membuat kita bingung mana yang harus dipilih. Bildeco berikutnya memberikan tips dalam memilih pemanas air tenaga surya.

 

Anggaran
Jenis pemanas air tenaga surya membuat kita agak bingung memilih yang mana yang harus kita beli.

Hal pertama yang dapat kita lihat adalah dalam hal anggaran atau biaya yang akan kita habiskan untuk membeli pemanas air tenaga surya. Merek Pemanas Air Surya Solahart berkisar dengan harga 25 juta hingga 80jt.

Kapasitas
Tentukan berapa kapasitas air yang biasanya Anda gunakan. Kapasitas yang berbeda, harga yang berbeda. Jika Anda sudah memiliki anggaran, Anda dapat menentukan kapasitas surya pemanas air yang akan Anda gunakan.

Anda juga dapat menghitung tentang berapa banyak kapasitas yang Anda gunakan setiap hari.

 

Misalnya di rumah Anda ada 2 orang yang menggunakan air hangat untuk mandi pagi dan sore.

Kemudian perhitungannya = 6 orang x 15 liter (standar pancuran rata-rata) x 2 kali (waktu mandi pagi dan malam) = 180 liter, artinya kapasitas yang Anda gunakan adalah pemanas air tenaga surya dengan kapasitas 180 liter atau lebih.

Rancangan
Desain pemanas air surya mencakup hal-hal yang harus dipertimbangkan, karena aplikasi di atas ubin membuat Anda harus tahu apakah ubin rumah Anda cukup kuat untuk menahan alat.

Baca Juga:  Cara Memilih Tablet Anroid yang Tepat Untuk Anak Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *